7 Tingkatan Neraka - Introduksi

Diriwayatkan oleh Ibnul Mubarak dari Mu'amar dari Muhammad ibnul-Munkadir, ketika Neraka diciptakan, malaikat terkejut sehingga hati mereka terasa terbang. Diriwayatkan oleh Ibnu Wahab dari Zaid bin Aslam: Jibril datang kepada Nabi ditemani oleh Israfil. Setelah mereka mengucapkan salam kepada Nabi, mendadak Israfil kelihatan lunglai dan pucat pasi. Nabi bertanya "Hai Jibril, kenapa tiba-tiba aku melihat Israfil lunglai dan pucat pasi?" Jibril menjawab "Tadi ia memang sempat melihat kilatan api jahanam. Itulah yang membuatnya seperti Anda Lihat."

7 tingkatan Neraka mulai dari yang paling "ringan" dampai pada yang paling berat.

1. Neraka Jahanam, Jahannam
“… Demi Neraka jahanam di datangkan untuk semua orang walaupun hanya mampir dalam 1 hari.” (duh .. berarti setiap orang bakal mampir ..)
Neraka paling "ringan", tingkat yang atas sekali tempat umat Muhammad  yang melakukan dosa kecil maupun besar.

2. Neraka Ladhoh, Luza
Lazha berarti api yang bergejolak karena mampu melepaskan kulit kepada. Tingkat kedua yaitu tempat orang yang tidak mau bertauhid dan mendustakan ajaran Nabi Muhammad saw.  “Sebab itu Kami beri kabar pertakut kamu dengan Neraka Luza (neraka yang menyala-nyala). Tiada yang masuk kedalamnya selain orang yang celaka. Yaitu orang yang mendustakan agama dan berpaling dari pada-Nya.” (Q.S. Al-Lail: 14-16)

3. Neraka Saqar
Saqar berarti burung elang, karena ia memakan daging bukan tulang.

4. Neraka Khutamah, Hathamah
 “… Tahukah engkau apakah Hathamah itu? (Yaitu) api (yang disediakan Allah) yang dinyalakan" (Al-Humazah: 5-6). Api itu membakar mulai dari telapak kaki sampai ke hati. Ia juga melontarkan bunga api sebesar istana.

5. Neraka Jahim
Tingkat ke-lima yaitu neraka jahim. Jahim berarti yang selalu menyala-nyala karena onggokan-onggokan baranya sedemikian besar. Konon satu onggok saja besarnya sebesar dunia.

6. Neraka Sa'ir
Disebut Sa'ir berarti yang membakar, karena selalu membakar para penghuninya. Sejak diciptakan ia tidak pernah padam. Didalamnya ada tiga ratus istana, di tiap istana ada tiga ratus rumah, dan pada tiap rumah terdapat tiga ratus macam siksa berupa ular, kalajengking, rantai, dsb.

7. Neraka Hawiyah, Hawiyah.
Inilah neraka paling bawah, paling mengerikan. Hawiyah berarti jurang yang dalam. Barang siapa yang masuk ke jurang ini, selama-lamanya tidak akan kembali. Dalam neraka ini terdapat sumur hab-hab atau sumur yang menyala-nyala. Konon, jika pintu sumur dibuka, akan keluar api dimana neraka sendiri memohon perlindungan Allah dari panasnya api.Disinilah kaum munafik ditempatkan.

Sumber: Al-Qurthubi, Imam. 2004. Rahasia Kematian, Alam Akhirat, dan Kiamat. Alih Bahasa. Penerbit Akbar.