Akuntansi Keperilakuan


Kening berkerut, Akuntansi Keperilakuan? Apa itu? ... wah rupanya ilmu pengetahuan sudah sedemikian berkembang, boleh jadi, kalau tidak up date bakal ketinggalan zaman. Ternyata akuntansi bukan hanya debt-credit saja ya.
Alkisah .. akuntansi keperilakuan berbicara tentang perilaku manusia dalam seting akuntansi, entah sistem, judgment, karir ... macem2 deh. Karena menyangkut perilaku manusia dalam pekerjaannya, kalau begitu, apa bedanya dengan perilaku organisasi? Ya beda dong .. gitu kata para ahli. Beda, karena seting akuntansi berbeda dengan seting organisasi secara umum. Ah sama, toh yang dibahasnya juga tentang kepuasan kerja, komitmen, perilaku disfungsional, profesionalisme, birokrasi, dan sejenisnya. Iya juga sih, karena konsep atau teori yang digunakan toh (terutama) berbasis pada behavioral science. Beda ah. Misalnya? Misalnya akuntan, cara kerjanya kan beda dengan pemasar atau orang produksi. Sama ah .. Beda ah. Wooahh .. kaya ngomongin: duluan mana ayam ama goreng telor .. lho?
Whatever .. yang jelas buku ini rada2 aneh. Berbobot? Ah tidak juga, karena tidak berbody botol hehehehe. Buku ini, kata saya, cukup unik karena sepenuhnya berbasis riset ilmiah. Juga, buku ini katanya rada mirip tulisan Michael Schiff dan Arie Y. Lewin dengan judul Behavioral Aspects of Accounting. Tapi, kata penulisnya, sumpahan ga nyontek sama sekali apalagi sama duakali. Ini asli buah pikiran penulis. Konon, ide dasarnya muncul dari disertasinya .. ckckckck .. iya lah.
Eh buku ini full modeling, full theory, full riset but not full amfullan. Modelnya bisa juga digunakan buat analisis perilaku organisasi. Karenanya, memudahkan para peneliti untuk menyusun model penelitian. Makanya, buruan koleksi buku langka ini. Murah kok, jual rumah aja dikurangi biaya beli buku ini masih banyak nyisanya. Ssssttt .. hanya ada sedikit buku sejenis ini di dunia .. bo'ong deng .. heuheuheu narsis. 


  • Akuntansi Keperilakuan Konsep dan Kajian Empiris Perilaku Akuntan
  • Penulis: Dr. Ivan Aries setiawan, MM dan Prof. Dr. Imam Ghozali, M.Com, Akt
  • Penerbit: B. P. Universitas Diponegoro,  ISBN: 9797044467

---000---